January 3, 2018

Susah Sinyal - Cerita Tentang Seorang Mama dan Anak




Ernest Prakasa and Meira Anastasia is gonna be a favorite couple goal for me!
Setelah sebelumnya gue merasa kalau Fitri Tropica dan Irvan Toge adalah couple goal, sekarang pasangan suami istri ini menjadi favorit gue. Bukan karena mereka ini selebriti. Lebih karena gue senang melihat suami istri yang bisa kompak dalam berkarya.

Setelah Ngenest dan Cek Toko Sebelah, gue bertekad untuk selalu memantau dan mengikuti semua karya Ernest Prakasa. Selain itu, Ernest adalah stand up komedian favorit gue pula. Bukan karena kami "sebangsa", no...! Ya walaupun gue bangga juga, karena ada kokoh" yang berhasil merebut hati penonton Indonesia - tak pandang ras, suku bangsa, agama, strata, jabatan, ataupun berat badan,  dengan karyanya. Positif! Bukti nyata bahwa kokoh" dan encik" itu habitatnya bukan cuma di Glodok dan ITC Mangga Dua, dan bukan hanya pemilik toko handphone ataupun pengusaha restoran Tio Ciu.



Di mata gue, Susah Sinyal adalah cerita tentang Ellen (Adinia Wirasti) dan Kiara (Aurora Ribero), seorang ibu dan anak yang belajar mengenal satu sama lain. Perjuangan Ellen sebagai seorang single parent, belum dapat dipahami oleh Kiara. Di mata Kiara, Ellen hanya peduli dengan karier. Kiara hanya ingin waktu bersama Ellen yang selama ini digantikan posisinya oleh omanya, yang tak lain adalah ibunda dari Ellen. It's all the matter of communication. That's it! Tetapi butuh sebuah perjalanan menuju Sumba yang minim sinyal ponsel untuk membuat mereka mengerti satu sama lain. Perjalanan yang rupanya tak hanya minim sinyal tapi juga minim listrik (let me laugh, hahaha!) yang membuat Ellen akhirnya paham bahwa tawa dan bahagianya Kiara itu tak terganti. Perjalanan jauh dari peradaban kota itu juga yang membuat Kiara paham kalau bagaimanapun juga, mamanya sayang dengan dia. Mereka hanya butuh terbuka satu sama lain dan tidak sok jadi kuat sendiri.
Tidak hanya Ellen dan Kiara, tetapi cerita tentang hubungan orang tua dan anak juga bisa kita dapatkan dari pasangan Cassandra (Gisela Anastasia) dan Marco (Gading Marten) yang memperebutkan hak asuh anak dalam sidang perceraian mereka. Darren, putra mereka mengatakan bahwa ia tidak butuh mainan dari mamanya, tetapi yang ia mau adalah bermain dengan mamanya. Jadi lewat Susah Sinyal, Ernest dan Meira berhasil menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran seorang mama buat anak mereka. Kehadiran, keberadaan, pelukan, dan telinga untuk mendengar jauh lebih penting bagi seorang anak daripada harta yang bergelimang.

Two thumbs up! Kalau bisa empat, jempol kaki gue juga gue acungin dah!



Masih dengan beberapa cast dari film sebelumnya, Cek Toko Sebelah, Ernest Prakasa juga masih menawarkan komedi segar ala Stand Up Comedian. Walaupun kalau dibandingkan CTS, intensitas ngakak gue masih lebih sedikit untuk Susah Sinyal ini. Good point-nya adalah Ernest dan Meira berhasil menyuguhkan kisah keluarga yang real. Gue yakin issue serupa pasti pernah terjadi untuk banyak orang tua yang punya anak remaja seumur Kiara. Bahkan anak-anak remaja yang orang tuanya sibuk berkarier, apalagi yang orang tuanya single parent, bisa jadi juga merasakan hal yang sama.

Hanya kalau boleh berharap, Ernest mungkin bisa mencoba aktor dan aktris lain untuk bisa menghadirkan warna baru di filmnya. Tidak ada yang meragukan aktris sekelas Adinia Wirasti, tetapi penonton yang bukan fans hardcore Adinia akan merasa jenuh kalau semua film di bioskop isinya Adinia saja. Sama jenuhnya waktu beberapa waktu yang lalu, Reza Rahardian terus yang wajahnya nongol di poster film bioskop Now Showing bahkan yang di Coming Soon. Gue yang fans berat Reza aja jenuh, apalagi yang biasa aja. I don't want it happen to Adinia too. I adore her, really. 

Okay, gue bukan ahli dalam memberikan review. Hanya seorang biasa yang hobi banget nonton dan berharap film Indonesia jauh lebih baik.
From 5 stars, I give this movie 4 stars.
Very recommended to watch. Nggak sia-sia lah intinya buang duit dan memperkaya Ernest Prakasa buat nonton film ini. Nggak papa Ernest kaya, yang penting dia nggak berhenti berkarya.

Happy watching!

No comments:

Post a Comment